laman

Tuesday, April 17, 2012

Uin Suska Riau Banyak Diminati Mahasiswa

            Setelah perubahan kampus IAIN menjadi UIN Sultan Syarif Kasim. universitas ini terus membenahi dan menambah Fakultas-Fakultas baru atau Fakultas tidak hanya Fakultas Islam tetapi juga Fakultas Umum sehinga mahasiswa yang kuliah dikampus ini tidak hanya di peruntukan untuk Mahasiswa beragama Islam, agama Non muslim pun bisa menuntut Ilmu di UIN.
            Tidak hanya sebatas sebagai kampus Islam Negeri di riau, UIN suska riau juga melakukan kerja sama dengan berbagai Universitas atau sekolah Tinggi di kawasan Asia Tenggara dan hinga kini mahasiswa dari berbagai Negara di Asia tenggara terus bertambah baik dari Malaysia, Thailand, Filifina, Vietnam dll.


            Adanya mahasiswa dari luar Negeri menambah suasa baru bagi kampus ini yang tidak hanya di isi oleh mahasiswa Kampar dan daerah riau lainya. Dahulu budaya kekamparan sangat kental dikampus  UIN Suska Riau. Sehingan banyak mahasiswa menafsirkan UIN suska sebagai kampus Khusus Kampar.


            Saat ini Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Riau Pekanbaru  terus melakukan pembenahan fisik kampus berupa gedung-gedung yang megah setelah mendapatkan bantuan dari Internasional Deveploment Bank (IDB) sebesar US$ 22 Juta untuk UIN Riau. Jika kita melihat kampus ini sepertinya akan menjadi kampus terindah di Riau dimana memiliki Gedung-Gedung yang amat megah.

               Bahkan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau semakin diminati para calon Mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi, hal ini terlihat dari jumlah peminat yang mendaftar di UIN Suska tahun ini semakin meningkat.

         Menurut Pembantu Rektor 3 Universitas islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau yang menangani bagian kemahasiswaan Sudirman, M.Ag saat dijumpai di Pekanbaru Kamis mengatakan  peningkatan jumlah peminat mahasiswa terhadap UIN Suska di tahun ini meningkat sekitar sepuluh persen.

         "Tahun ini jumlah pelamar mahasiswa baru ke UIN Suska meningkat sekitar 10 persen,  ungkap Sudirman yang juga merupakan dosen mata kuliah Retorika UIN Suska.

         Sudirman mengatakan adapun penyebab peningkatan jumlah peminat Mahasiswa baru terhadap UIN Suska dikarenakan UIN sudah  dikenal lebih dekat oleh masyarakat dan UIN sudah diyakini masyarakat sebagai tempat menuntut ilmu yang berwawasan tinggi karena perpaduan ilmu agama dengan umum.

         "Kita di UIN menerapkan perpaduan tentang pengetahuan agama dan umum jadi itulah kelebihan kita yang diminati Mahasiswa dan  masyarakat," katanya.

       Sementara menurut Kabag Akademi Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim, Dra. Hayatul Khoir menjelaskan jumlah peminat yang masuk ke UIN dari tahun ke tahun meningkat, ini menandakan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap UIN Suska sebagai tempat menuntut ilmu makin tinggi.  

    "Dari tahun ke tahun tingkat peminat UIN makin tinggi ini kita lihat dari jumlah pelamar tahun ini yang meningkat dari tahun lalu karena masyarakat sudah percaya dengan UIN?ungkap Hayatul khoir.

    Dikatakannya, untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pelamar, UIN Suska telah menyiapkan jalur Mandiri dan jalur Lokal bagi peserta yang tidak lulus SNMPTN, kuota yang disediakan UIN Suska hanya 750 orang namun yang sudah mendaftar sejak dibukanya pendaftaran sudah melebihi 800 orang.

1 comment:

  1. Mahasiswa UIN SUSQA Riau, UIR, dan UNRI yang melakukan tindakan anarkis yang merusak tugu PON Riau XVIII sangat memalukan dan itu bagi saya sangat kampungan. Saya yang juga sebagai Mahasiswa, sangat tidak sependapat dan tidak sejalan dengan tindakan anarkis tersebut.

    ReplyDelete